Pages

Rabu, 08 Agustus 2012

Unnes Juara Umum LKTIP Provinsi Jawa Tengah, Tiga tim diantaranya berasal dari PGSD Tegal


Universitas Negeri Semarang (Unnes) meraih juara umum dalam ajang Lomba Karya Tulis Inovatif Produktif (LKTIP), belum lama ini. Lomba yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Jawa Tengan ini diikuti oleh 13 perguruan tinggi negeri dan swasta di provinsi Jawa Tengah.

Pada ajang itu Unnes berhasil memborong 21 juara dari 37 tim yang dikirim ke kampus Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW) sebagai lokasi lomba. Adapun peserta lomba itu diantaranya, Unnes, Undip, Universitas Panca Sakti Tegal, Universitas Muria Kudus, UKSW, IAIN Walisongo, Stikes Widya Husada, IKIP PGRI Semarang, IAIN Surakarta, Unimus, dan lainnya.

Lomba tersebut mengkompetisikan delapan bidang, antara lain kesehatan dan lingkungan, pertanian, pendidikan menengah, rekayasa bahan dan energi alternatif, ekonomi dan kewirausahaan, PAUD dan pendidikan dasar, MIPA, serta sosial politik dan hukum.
Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unnes, Prof Masrukhi mengatakan, ini merupakan kesekian kalinya Unnes meraih juara umum pada ajang tersebut. LKTIP telah diselenggarakan sejak tahun 2004 sebagai program fasilitasi kepada perguruan tinggi dalam bidang penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa.

"Alhamdulillah pada tahun ini Unnes kembali merebut juara umum. Dari 37 tim yang dikirim kesana, 21 tim berhasil menjadi juara pertama hingga harapan," tuturnya saat ditemui di kampus Unnes"

Dari delapan bidang, Unnes berjaya menjadi juara pertama di enam bidang. Hampir di setiap bidang, universitas konservasi ini meraih juara pertama hingga harapan pun berhasil disabet.


Syukur alhamdulillah semua tim dari PGSD Tegal yang berangkat ke Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) untuk mempresentasikan karyanya menuai hasil yang memuaskan. Semua tim tersebut mendapat kejuaraan di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) Jateng 2012. Mereka adalah Muhamad Abdur Rokhim (Ketua tim), Muhamad Taufik Hidayat, dan Dina Asri Rakhmillah Barliani memperoleh juara 1 di bidang ekonomi dan kewirausahaan dengan karya berjudul “Tegal Gemiyen”: Edukasi Nasionalisme Berbasis Industri Kreatif Distro. Pada bidang MIPA juara 1 dan 2 disabet oleh tim PGSD Unnes UPP Tegal. Juara 1 yaitu tim yang diketuai oleh Muhamad Taufik Hidayat dengan anggota Ghaida Awaliyah dan Nur Laesiyah Fitriyanti. Judul karya yang diangkat yaitu “KOMPLAS”: Sintesis Bioplastik Keratin Bulu itik Jawa (Anas javanica) Berbasis Aditif Kulit Pisang (Musa paradisiaca) dan Oxim Sebagai Solusi Cerdas Konversi Plastik Unbiodegradable. Juara 2 yaitu tim dengan ketua Agnestasia Ramadhani Putri dan anggota Evi Susilowati, Atika Emilia. Karya yang diangkat berjudul “CASPER”: Cassava Paper Sintesis Kertas Selulosa Berbasis Kulit Singkong (Manihot esculenta) Sebagai Solusi Cerdas Konversi Kertas Koran Konservatif.       Kompetisi ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2012 di UKSW Salatiga. Pada kesempatan ini pula Unnes berhasil menjadi juara umum.

Sebelumnya Muhamad Taufik Hidayat pada tanggal 27 April 2012 dikukuhkan sebagai Juara I Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) Fakultas Ilmu Pendidikan. Ini adalah pertama kali dalam sejarah bahwa Mapres FIP Unnes berasal dari PGSD Tegal.



PGSD UPP Tegal akan selalu berusaha memberi yang terbaik untuk almamater tercinta. Ayo buktikan bahwa jarak yang terbentang antara kampus PGSD UPP Tegal dan kampus pusat tidak menjadi penghalang untuk berprestasi! Buktikan bahwa mahasiswa PGSD UPP Tegal memiliki potensi yang bagus! PGSD Jos! PGSD Jos! PGSD, Jos jos jos!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Imron Rosyadi | Website by Kampus PGSD UPP Tegal - Fakultas Ilmu Pendidikan | Universitas Negeri Semarang